JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

Poktan Amnekat-Desa Oeteta Diperkenalkan Penerapan Inovasi Budidaya Jagung NASA29

Kelompok Tani (Poktan) Amnekat-Desa Oeteta, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang mendapat ilmu pertanian dalam hal pembudidayaan tanaman jagung hibrida NASA29.

Jagung jenis ini merupakan hasil penemuan peneliti dari  Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTT yang memiliki keunggulan yang luar biasa.

Komponen teknologi didalamnya, varietas unggul baru, sistem tanam double track, jarak tanam 100 cm x 40 cm x 20 cm, 1 biji perlubang tanam, pemupukan berimbang (NPK dan urea), dosis : 200 kilogram urea/hektar.

Kepala BPTP NTT Balitbangtan Kementan, Dr. Ir. Syamsuddin, M.Sc, dan Dr. Toni Basuki, M.Sc, Senin (2/9/2019) secara garis besar menjelaskan soal penerapan inovasi budidaya jagung ke anggota poktan.

Tema pelaksanaan kegiatan ini yakni : Bimbingan Teknis (bimtek) Tematik Penerapan Inovasi Budidaya Jagung di Kawasan Inovasi Pertanian (KAWITAN) Desa Oeteta, Kecamatan Sulamu, mendukung peningkatan komunikasi, diseminasi hasil Litkaji Balitbangtan.

Dr. Ir. Syamsuddin, M.Sc, dalam sekapur sirihnya pada kegiatan ini menegaskan, tim dari BPTP NTT yang dihadirkan selain peneliti juga ahli dalam bidang pertanian.

Pada momen bimtek ini, petani diberikan ilmu pertanian dalam hal tanaman jagung NASA29.

Untuk itu, diharapkan dari pertemuan bersama ini akan memberikan nilai tambah bagi petani dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

 

Toni Basuki, M.Sc, pada kesempatan ini kepada petani menjelaskan soal keunggulan jagung hibrida NASA29 ini. Dijelaskan, secara lembaga tentu pihaknya sangat berterima kasih kepada poktan yang sudah membudidayakan jagung NASA29 ini.

Keberadaan BPTP, katanya, menjadi institusi yang menciptakan inovasi baru. Penemuan akan jagung hibrida NASA29 ini merupakan hasil inovasi yang sangat membantu petani.

"Tentu yang perlu diwaspadai sekarang adalah serangan hama. Tapi saya berharap ini tidak terjadi di Kawasan Inovasi Pertanian (KAWITAN) Desa Oeteta, Kecamatan Sulamu," katanya.

Demfarm budi daya jagung Hibrida NASA29 pengelolaan tanaman terpadu (PTT) jagung sistem tanam double track untuk Poktan Amkenat Luas lahan 5 hektar.

Adapun bentuk tata tanam Rel ganda (double track) dalam budidaya jagung yakni, dalam rel 40 centimeter, jarak antar tanam dalam track 20 cm, 1 biji perlubang, antar rel 100 cm, jarak antar rumpun tanaman dalam track 40 cm.

Kades Oeteta, Yakobus Tafae mengapresiasi terhadap pendampingan dari BPTP NTT ke petani di desanya ini. Dirinya mengakui selama ini sistem penanaman jagung setahun sekali.

Tapi sejak ada pendampingan dari BPTP NTT, sekarang sistem pertanian sudah lebih baik dengan kehadiran inovasi baru dari instansi ini.(Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong)