JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

Petani Harus Menjadi Petani Yang Mandiri

Hal ini disanpaikan.oleh Koordinator BP3K Oeteta ( Yohanes P.Buas,SST)pada saat membuka kegiatan Bimtek Tematik Budidaya Tanaman Jagung yakni tentang  Pemupukan dan Pengendalian OPT  yg telah dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2019 di lokasi KAWITAN  (Kawasan Inovasi Pertanian)Oeteta tepatnya di Kelompok Tani Amkenat, desa Oeteta, Kecamatan Sulamu, Kabupaten Kupang.

Materi yang disampaikan.adalah:i)Pemupukan Tanaman Jagung dan oleh Penyuluh BPTP NTT (Ir. Adriana Bire, M.Sc) dan.Aurelius Koba (Teknisi Litayasa BPTP NTT), ii) Pembuatan Alat Bantu Pemupukan oleh salah satu anggota kelompok tani Garuda (Aleks), iii) Pengendalian OPT oleh Pengamat Hama Kab Kupang (Ferdinandus Ande). Setelah pencerahan melalui teori di dalam ruangan, kegiatan dilanjutkan dengan Peragaan Pembuatan Alat Bantu Pemupukan  sekaligus  peragaan cara menggunakannya dan praktek cara pemupukan beserta jenis dan dosis pemupukan.

Kegiatan diikuti oleh 50 orang peserta yg terdiri dari anggota kelompok tani  dari desa Oeteta,  desa Bipolo dan desa Pariti. Selain itu juga penyuluh-penyuluh se BP3K Oeteta, Penyuluh BPTP NTT dan Mahasiswa Praktek Kerja Lapang dari Faperta Undana Kupang.

Bimtek terselengara untuk mendukung kegiatan Demfarm PTT Jagung seluas 5 (lima)ha di Kawasan Inovasi Pertanian  (KAWITAN) Oeteta yang merupakan salah satu dari dua KAWITAN yg sementara ditumbuhkembangkan di Kabupaten Kupang, Provinsi NTT dimana KAWITAN yg lainnya ada di desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, berlokasi di Kelompok tani Rindu Sejahtera.

Melalui pengembangan KAWITAN diharapkan agar teknologi yg didiseminasikan langsung dapat diterima oleh petani sebagai sasaran akhir penyuluhan pertanian dengan terus mengoptimalkan peran dan fungsi penyuluh pertanian lapangan yg ada di setiap lokasi. (Onike Lailogo-Adriana.Bire)

 

Salam inovasi.