JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

Prakerin SMKN Wulanggitang di BPTP Balitbangtan NTT

Sejak di terima secara resmi oleh Kepala BPTP Balitbangtan NTT, saat ini siswa/i Praktek Kerja Industri (Prakerin) SMKN Wulanggitang-Flores Timur telah aktif mengikuti kegiatan di BPTP Balitbangtan NTT.

Ati Rubianti, mengatakan bahwa sebagaimana kegiatan Prakerin tahun-tahun sebelumnya, Siswa/i SMKN Wulanggitang Flotim ini akan melakukan Prakerin di BPTP NTT selama lebih kurang 3 bulan, dengan lingkup utama kegiatan adalah praktek di lapangan dan pembelajaran dalam kelas”. Menurutnya, “dalam melakukan semua aktivitas tersebut Siswa/i langsung di dampingi oleh Peneliti/Penyuluh Peternakan BPTP NTT sebagai instruktur/mentor”, ujar  Ati Rubianti, disela-sela aktivitasnya.

Kegiatan Prakerin adalah salah satu bentuk perwujudan misi BPTP NTT dalam membangun Network untuk mendiseminasikan inovasi teknologi pertanian Badan Litbang Kementerian Pertanian kepada pengguna, serta menghasilkan SDM pertanian dengan penguasan inovasi teknologi sehingga mampu melakukan usaha agribisnis

Berkaitan dengan itu, maka dalam pelaksanaannya Siswa/i peserta Prakerin selain di bekali dengan keterampilan dan penguasaan inovasi teknologi melalui praktek langsung di lapang, yaitu vaksinasi ND pada DOC  ayam KUB di Laboratorium Ternak, juga diberikan tambahan pengetahuan melalui kegiatan belajar di kelas seminggu sekali. Materi-materi pembelajaran tersebut baik berupa pengetahuan dasar tentang ilmu-ilmu peternakan maupun menyangkut pengembangan inovasi-inovasi teknologi terkini, khususnya inovasi teknologi hasil litkaji Puslit/Balit lingkup Badan Litbang Pertanian.

Muhamad Rumbory, salah satu anggota Tim Pendamping Siswa/i Prakerin menuturkan, khusus kegiatan pembelajaran di kelas, materi yang akan di ajarkan telah di susun secara sistematis, dimana Peneliti/Penyuluh Peternakan dan Teknisi BPTP NTT sebagai pemateri sesuai bidangnya masing-masing. “Hal ini sudah dilakukan oleh BPTP NTT di tahun-tahun sebelumnya, dan ini pulalah yang menjadi pembeda antara BPTP NTT dengan unit kerja lainnya dalam hal membimbing Siswa/i peserta Prakerin”

Beberapa materi inovasi teknologi telah dijadwalkan untuk diajarkan kepada Siswa/i setiap minggunya, selama pelaksanaan Prakerin 3 bulan yaitu Pembuatan Kompos, IB, Penanganan Ayam Vase Layer, Vaksinasi ND

Siswa/i Prakerin juga akan diberikan materi lainnya menyangkut inovasi teknologi yang telah dikaji oleh BPTP NTT. (Cristine  W. Huwae, Mat Rumbory)