JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

Kreativitas SDM Mendukung Produktivitas Pertanian

Diseminasi teknologi pertanian sudah banyak dilakukan seperti penggunaan VUB, pemupukan berimbang, pengendalian hama dan penyakit tanaman, sampai dengan penanganan pasca panen. Upaya peningkatan produktivitas pertanian seringkali terhambat pada musim tanam kedua yang diakibatkan karena kurangnya ketersediaan air pada musim kemarau, ironisnya pada daerah-daerah tertentu terdapat sumber air yang bisa dimanfaatkan untuk lahan pertanian tetapi air tidak bisa mengalir sampai pada lahan petani.

BPTP Balitbangtan NTT melalui pendampingan kegiatan bioindustri yang dipimpin oleh Ir. Yohanis Ngongo, M.Sc., Ph.D, selaku penanggungjawab kegiatan bersama tim kerjanya berupaya untuk mengalirkan air ke lahan petani dengan memodifikasi mesin-mesin pertanian yang sudah dimiliki petani dengan alat pompa air untuk menekan biaya produksi pertanian dari pada harus membeli mesin pompa air yang sudah tentu cukup mahal harganya. Agustinus D. Mata sebagai teknisi BPTP Balitbangtan NTT yang telah merakit alat pompa air mengatakan bahwa jika pekerjaan itu dibidangnya, apapun itu akan dilakukannya atau diupayakannya demi kesejahteraan petani dan berharap petani benar-benar memanfaatkan lahannya semaksimal mungkin agar bisa memperoleh hasil panen yang baik.

Teknologi memang ada, sumber daya ada, tetapi jika tidak di diseminasikan,  tidak diajarkan dan didemonstrasikan bagaimana mungkin petani bisa tahu, hal ini dikatakan oleh Wempi Banamtuan selaku sekretaris kelompoktani Anugerah di Desa Billa Kabupaten TTS, karena melihat bahwa dalam memadukan atau memodifikasikan alat-alat dan mesin pertanian ternyata bisa berdayaguna dan dapat dimanfaatkan oleh petani, sedangkan mereka memiliki sarana alat-alat pertanian yang cukup tetapi belum tahu bagaimana cara mengoptimalkan penggunaannya sarana-sarana tersebut, dan pada kesempatan yang sama juga, atas nama anggota kelompoktani Wempi mengucapkan terima kasih atas pendampingan yang telah dilakukan BPTP Balitbangtan NTT (Yong, CS, DM).