JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

Woouu... Sapi NTT Luar Biasa, Tampil Pada Kontes Ternak Sapi 2019 di Kabupaten Kupang

Kontes ternak sapi Tingkat Kabupaten Kupang dilaksanakan pada 24-26 Juni 2019 di Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, dengan thema “Peternak Kabupaten Kupang Siap Mensukseskan Program Revolusi Peternakan dan Swasembada Daging Nasional”. Kontes ternak sapi dilaksanakan di Kelompok Tani Fajar Pagi, kelompok tani binaan BPTP NTT. Kontes ternak tersebut diikuti oleh peternak se Kabupaten Kupang dengan total 126 ekor sapi yang mengikuti kontes. Kontes ternak terbagi ke dalam 7 kategori, yaitu: a) Sapi Bali Jantan Bibit (24-26 bulan); b) Sapi Bali Betina Bibit (18-24 bulan); c) Sapi Bali Betina Induk (30-60 bulan); d) Sapi Bali Penggemukan (36-60, >350 kg); e) Sapi Cross Jantan Bakalan (10-18 bulan, >300 kg); f) Sapi Cross Jantan Penggemukan (24-26 bulan, >400kg); dan g) Sapi Cross Super (tanpa batasan umur).

Puncak acara pada tanggal 26 Juni 2019 dihadiri oleh Bapak Bupati Kab. Kupang, Wakil Bupati Kab. Kupang, para pimpinan OPD, Kepala Dinas Peternakan Propinsi NTT, Kepala BPTP NTT beserta peneliti dan penyuluh, Kepala BBPP Kupang, para peternak, dan seluruh masyarakat sekitarnya. Pada puncak acara diumumkan hasil lomba dan dilakukan penyerahan hadiah berupa piala, piagam penghargaan, dan insentif kepada peternak. Masing-masing kategori diambil 6 pemenang. Kategori Sapi Bali Jantan Bibit dimenangkan oleh Kecamatan Amarasi, kemudian diikuti oleh Amarasi Timur (juara 2, 3, dan 5), Amarasi Selatan (juara 4), dan Fatuleu Barat (juara 6).  Kategori Sapi Bali Betina Bibit dimenangkan oleh Kecamatan Amarasi (juara 1 dan 5), kemudian diikuti oleh Kupang Timur (juara 2), Fatuleu (juara 3 dan 4), dan Amabi Oefeto (juara 6).

Kategori Sapi Bali Betina Induk didominasi oleh Kecamatan Kupang Timur (juara 1, 2, 3, 5, dan 6) dan juara 4 jatuh pada Fatuleu. Untuk kategori Sapi Bali Penggemukan dimenangkan oleh Kecamatan Takari (juara 1 dan 3), kemudian diikuti oleh Amarasi Timur (juara 2, 4, dan 5), dan juara 6 Kecamatan Amarasi. Kategori Sapi Cross Jantan Bakalan dimenangkan oleh Kecamatan Fatuleu (juara 1 dan 5), Amarasi Timur (juara 2), Amarasi (juara 3), Fatuleu (juara 5), dan Sulamu (juara6). Kategori Sapi Cross Jantan Penggemukan dimenangkan oleh Kecamatan Kupang Timur (juara 1), Amarasi Timur (juara 2), Amarasi Barat (juara 3), Sulamu (juara 4), Amarasi (juara 5), dan Amabi Oefeto (juara6).

Kategori Sapi Cross Super dimenangkan oleh Kecamatan Kupang Timur (juara 1 dan 6), Amarasi Timur (juara 2 dan 3), Amarasi (juara 4), dan Fatuleu (juara 5). Sapi terberat pada kategori Sapi Cross Super sekaligus sebagai sapi terberat pada kontes ternak sapi di tingkat Kabupaten Kupang tahun 2019 adalah 926 kg (sapi milik Bapak Marthen Tuka dari Kupang Timur), kemudian diikuti 917 kg (sapi milik Bapak Mikael Dethan dari Amarasi Timur), dan 895 kg (sapi milik Bapak Doris Obehetan dari Amarasi Timur). Juara umum kontes ternak sapi di tingkat Kabupaten Kupang adalah Kecamatan Kupang Timur. Pemenang pertama dan kedua pada setiap kategori akan mengikuti ke kontes tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur yang akan dilaksanakan pada 27-28 Juni 2019. Setelah penyerahan hadiah dilakukan parade ternak-ternak yang memenangkan setiap kategori. (AS, MK, SR)