JS NewsPlus - шаблон joomla Продвижение

Media Sosial

#SahabaTani #SalamInovasi #bptpntt

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi penertiban Administrasi keuangan dan Aplikasi keuangan berbasis elektronik. Kegiatan ini dihadiri oleh Staf dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Provinsi NTT, Jamaluddin Ambo Dai dan Yudi Santoso selaku Narasumber. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula BPTP NTT pada tanggal 21 Januari 2020. Dalam kegiatan ini dihadiri oleh seluruh staf BPTP NTT yang terdiri dari Peneliti, Penyuluh, Teknisi Litkayasa dan staf Administrasi.

#SahabaTani #SalamInovasi #bptpntt

Unit Pelayanan Benih Sumber (UPBS) merupakan salah satu asset yang potensial dalam mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTT. Peran utama UPBS adalah memproduksi benih varietas-varietas unggul yang bertujuan untuk mendukung diseminasi agar petani dapat memperoleh benih berkualitas prima, visualisasi hasil penelitian dalam bentuk visitor plot, show window, serta serta sumber Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

#SahabaTani #SalamInovasi #bptpntt

Naibonat, PK - Kepala BPTP NTT, Dr. Procula Rudlof Matitaputi didampingi Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian (KSPP) Dr. Tony Basuki, Koordinator Program dan Evaluasi Dr. Bernard deRosari, dan Ketua Kelompok Peneliti Bidang Budidaya Pertanian, Dr. Evert Y. Hosang menerima kedatangan Tim Media Pos Kupang di kantor BPTP NTT untuk mendiskusikan peluang membangun kerjasama kemitraan antara BPTP NTT dan Media Pos Kupang.

Bertempat di kantor BPTP NTT, Jumat (17/1) dilakukan penandatanganan kerjasama (MOU) antara BPTP NTT dan SMKN I Soe. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala BPTP NTT, Dr Procula Rudlof Matitaputty, M.Si. dan Kepala Sekolah SMKN I Soe Eduard E. Alle, S.Pd.,  disaksikan oleh Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian (KSPP) Dr. Ir. Tony Basuki, M.Si., Koordinator Program dan Evaluasi,  Dr. Bernard B. de Rosari, dan Ketua Kelompok Peneliti Bidang Budidaya Pertanian, Dr. Evert Y. Hosang, M.Si, Ph.D. dan para saksi, dua orang guru dari SMKN I Soe.

Tanaman perlu makanan agar dapat berkembang. Makanan yang dibutuhkan tanaman berupa unsur hara di dalam tanah. Unsur hara di dalam tanam sangat terbatas  kalau digunakan secara terus menerus dihisap oleh tanaman lama-lama tanah menjadi miskin unsur hara sehingga unsur hara dalam tanah. Untuk menjaga ketersediaan unsur hara perlu dilakukan pemupukan.

Pupuk dibedakan menjadi dua yakni pupuk Organik dan pupuk unorganik. Pupuk organik berasal dari limbah tanaman, limbah ternak, limbah industry maupun sampah rumah tangga. Sedangkan pupuk unorganik adalah pupuk buatan  yang dibuat dari bahan-bahan kimia. Contoh pupuk unorganik adalah Urea, SP-36, KCL dan ZA.